Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad

Posted on

Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad – Kita sebagai manusia yang beragama Islam sudah semestinya selalu melantunkan membaca sholawat kepada junjungan kita semua, Sayyidina Wa Maulana Muhammadin SAW.

Selain kita mendapatkan pahala, faedah serta keutamaan dengan kita membaca sholawat tersebut, kita juga telah menjalani salah satu perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pernyataan tersebut di atas telah tercantum di dalam Al-qur’an, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 56, sebagai berikut :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمً

Latin : “Innalloha wa malaaa`ikatahuu yusholluuna ‘alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu ‘alaihi wa sallimuu tasliimaa

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad
Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad

Nah, kali ini RuangIlmu.co.id akan berbagi ilmu kepada kalian semua, yang dalam kesempatan ini kita akan membahas Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad beserta tulisan latin dan terjemahannya.

Tidak hanya itu, kita juga perlu mengetahui apa arti, makna, faedah serta keutamaan membaca sholawat itu sendiri. Untuk itu mari kita simakk penjelasan lengkapnnya di bawah ini :

Arti dan Makna Sholawat

Sholawat merupakan bentuk jamak dari kata sholat yang artinya yakni doa atau dengan kata lain seruan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Membaca sholawat kepada Nabi, tujuannya yakni mendoakan / memohonkan berkah kepada Allah SWT untuk Nabi.

Sholawat sendiri terbagi menjadi tiga, yakni Sholawat dari Allah, para Malaikat-malaikat-Nya dan dari umat kepada Baginda Nabi Sayyidina wa Maulana Muhammadin Sholallahu Alaihi Wassallam.

Dilihat dari mana sholawat itu berasal, tentunya memiliki makna yang berbeda. Ada ‘ulama yang mengatakan bahwa sholawat dari Allah kepada Nabi yakni ialah rohmat dari-Nya, sholawat dari malaikat artinya ampunan sedangkan yang berasal dari ummat nya yakni artinya do’a.

Seperti yang kita harus kita yakini bahwa Nabi kita Sayyidina Muhammad SAW adalah makhluk yang terpuji dan mulia. Maka dari itu sebenarnya, sholawat yang dilantukan oleh umatnya kepada Beliau Saw. ini akan “berbalik” kepada pembacanya itu sendiri.

Maksudnya, dengan berkah sholawat yang kita baca, secara tidak langsung kita mendoakan kesejahteraan, ketentraman dan masih banyak lagi yang lainnya yang kesemuannya itu akan kita rasakan sendiri.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai arti dan makna sholawat. Kembali kepada pembahasan pokok, di bawah ini akan kami beriathukan kepada kalian semua bagaimana tulisan arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad lengkap dengan tulisan latin dan terjemahannya.

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad

Tulisan Arab : الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ
Latin : “Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad”
Terjemahan : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad”

Sebenarnya, bacaan sholawat yang seperti ini adalah versi paling pendek jika dibandingkan dengan sholawat yang lainnya. Kalimat sholawat sendiri sebenarnya beranekaragam, yakni ada yang diajarkan langsung oleh Nabi yang sudah sangat mashyur di kalangan Umat Islam, yakni Shalawat Ibrahimiyah dan ada pula sholawat-sholawat yang disusun oleh para ‘ulama.

Sedikit penjelasan mengenai penggunaan kata Sayyidina, yang mana kata tersebut menjadi salah bentuk penghormatan kita kepada Nabi. Meskipun ada dikalangan para ulama terjadi perbedaan pendapat mengenai penggunaan kata tersebut. Ada yang melarangnya secara mutlak, ada yang memperbolehkannya adapula yang ditengah-tengah.

Selanjutnya akan kami uraikan beberapa kalimat sholawat dengan versi yang lebih panjang dibanding sholawat yang telah kita lihat di atas.

Tulisan Arab Allahumma Sholli “Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم
Latin : “Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim”
Terjemahannya : “Ya Allah berikan rahmat beserta keselamatan kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Dan Keluarga Serta Para Sahabatnya”

Selain kita mengharapkan rahmat, keselamatan dan juga kesejahteraan kepada Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam, kita juga patut memohon kepada Allah SWT hal yang serupa seperti yang kita tujukan kepada Nabi untuk seluruh keluarga dan para sahabat beliau.

Adapun sahabat Nabi yang utama yakni yang dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin yang terdiri empat orang sahabat yaitu Sayyidina Abu Bakar as-shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhum.

Tulisan Arab Allahumma Salli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Alihi Washahbihi Ajma’in

Sholawat ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan umat Islam, karena memang di banyak kesempatan sholawat ini sering kali di lantunkan, terlebih bagi meraka yang selalu ingin menyertakan para keluarga dan para sahabat Nabi dalam membaca sholawat, yakni dengan menambahkan kata “Ajma’in”. Berikut ini kalimat lengkapnya :

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ
Latin : “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala Alihi Washohbihi Ajma’in”
Terjemahannya : ” Ya Allah berikanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya”.

Dengan kita menambahkan kata “Ajma’in” pada saat membaca sholawat seperti di atas, itu artinya kita memiliki perngharapan kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat-Nya kepada semua keluarga serta kepada para sahabat Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam.

Tulisan Arab Allahumma sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad

Sholawat yang berikutnya ini lebih panjang, namun pada sholawat ini tidak menyertakan sahabat-sahabat Nabi yakni hanya kepada Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam dan kepada keluarga Beliau saja.

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Latin : “Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad”
Terjemahannya : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad”.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Selain sudah mematuhi apa yang telah di perintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dalam hal ini bersholawat kepada Nabi dan Rasul-Nya, Sayyidina Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam, kita juga akan memperoleh manfaat dan keutamaan dengan kita melantunkan sholawat.

Banyak hadits-hadits yang menjelaskan mengenai keutamaan dan faedah dengan kita membaca sholawat, berikut di bawah ini beberapa hadist mengenai hal tersebut :

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Rodhiallahu Anhum, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.”
(HR. An Nasa’i).

Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa beliau akan memberi syafaat kepada orang yang senantisa membacakan sholawat kepadanya, sebagaimana hadist berikut ini :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”
(HR. Tirmidzi).

Sebenarnya masih banyak hadist lainnya yang menjelaskan mengenai faedah dan fadhilah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut ini keutamaan lainnya dari membaca sholawat :

  1. Membaca sholawat adalah bukti cinta kepada Nabi Muhammad Sholallahu alaihi wassalam dan juga kepada Allah Subhanah wa ta’ala.
  2. Dengan senantiasa melantunkan sholawat berarti kita membangun keselarasan hidup dengan Allah subhanahu wa ta’ala dan juga kepada makhluk serta alam semesta.
  3. Siapa yang membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW seratus kali, maka Allah akan merahmatinya seribu kali.
  4. Orang yang paling banyak bersholawat kepada Beliau akan menjadi orang yang akan bersama beliau di hari kiamat.
  5. Keutamaan sholawat juga bisa menjadi asbab sampai dan terkabulnya do’a kita yang kita mohonkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Masih banyak lagi sebenarnya keutaman membaca sholawat yang kita tujukan kepada Nabi Muhammad Sholallahu A’layhi Wassalam ini. Tapi dari sedikit penjelasan mengenai faedah dan fadilah yang telah kita bahas ini saja, kita sudah bisa menyimpulkan betapa luar biasanya keutamaan membaca sholawat.

Untuk itu penulis mengajak kepada saudaraku ummat muslim, untuk senantiasa melantunkan membaca sholawat kepada Nabi, Sahabat dan kepada seluruh keluarga Beliau Saw.

Demikian penjelasan RuangIlmu.co.id mengenai Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad lengkap dengan latin dan terjemahannya serta penjelasan mengenai manfaat dan keutamaan membaca sholawat. Terima kasih telah berkunjung ke website kami. Wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.