Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana

Posted on

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana- Bismillaahirrahmanirrahim, kalimat la tahzan innallaha ma’ana bukan lagi kalimat asing bagi orang Indonesia. Bahkan hampir semua orang pernah mendengar kalimat ini. Tapi apakah kamu tahu apa arti dari kalimat tersebut?

Saat ini, cukup banyak kosakata dalam Bahasa Arab yang terselip dalam percakapan sehari hari. Seperti syukron, na’am, afwan, jazakallah dan masih banyak lagi. Sama halnya dengan kalimat la tahzan innallaha ma’ana, kalimat tersebut juga sering kali diucapkan dalam aktifitas sehari-hari.

Mungkin bagi kalian yang sudah mengetahui arti dari la tahzan innallaha ma’ana tidak lah menjadi masalah. Mungkin kalian akan langsung mengerti maksud dari kalimat tersebut. Tetapi, pasti lain halnya dengan mereka yang belum tahu atau bahkan baru pertama kali mendengar kalimat tersebut.

Pasti mereka yang belum mengetahui maksud atau arti dari kalimat tersebut akan bertanya-tanya apa artinya. Ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui apa sebenarnya arti dari la tahzan innallaha ma’ana.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini RuangIlmu.co.id akan membahas tentang Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana. Sehingga bagi kalian yang belum mengetahui arti dan makna dari kalimat tersebut dapat memahami nya.Untuk lebih jelasnya marilah simak ulasan berikut ini.

Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana

La tahzan innallaha ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) merupakan kalimat dalam bahasa Arab yang mempunyai arti ” Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah besama kita” atau bisa juga ” Janganlah kamu berduka, sesungguhnya Allah beserta kita”.

Kalimat ini sering kali diucapkan oleh seseorang kepada orang lain yang sedang merasa kesedihan. La tahzan innallaha ma’ana adalah kalimat yang sangat luar biasa, karena kalimat ini dapat menjadi penghibur hati saat seseorang merasakan kesedihan.

Kalimat ini juga sebagai pengingat bahwa Allah SWT tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya apapun keadaannya. Tulisan Arab dari kalimat la tahzan innallaha ma’ana adalah لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka mempunyai arti ” Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

Sebagaimana yang telah kita ketahui, kalimat la tahzan inallaha ma’ana merupakan salah satu kalimat dalam bahasa Arab yang saat ini tengah populer di Indonesia. Dalam berkomunikasi sehari-hari, kalimat ini sering kali diucapkan oleh umat muslim.

Kalimat la tahzan inallaha ma’ana terdiri dari beberapa kosakata Arab yang mana kmasing-masing kosakata tersebut mempunyai maknanya tersendiri. Berikut ini merupakan arti per kata dari kalimat la tahzan inallaha ma’ana.

Tulisan Arab Bahasa Arab Artinya
لَا La Jangan
تَحْزَنْ Tahzan Bersedih
إِتَحْزَنْ Inallaha Sesungguhnya Allah
مَعَنَا Ma’ana Bersama kita

Jika kita lihat dari tabel diatas, maka ketika keempat kata tersebut digabungkan, maka akan menjadi kalimat “La Tahzan Inallaha Ma’ana” yang mana jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya “Janganlah Bersedih Sesungguhnya Allah Bersama Kita”.

Pada saat kita sudah bersamaa dengan Allah, maka kita akan mempunyai kekuatan untuk menghadapi kesedihan ketakutan dan kegelisahan yang sedang kita rasakan. Jika kita menyadari sesungguhnya Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya maka tidak akan ada yang bisa mengalahkan cinta kita kepada-Nya.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Apabila kita menyimak atau memperhatikan kalimat tersebut secara teliti, sebenarnya kalimat tersebut ada di dalam kitab suci Al-Qur’an. Kalimat ini diturunkan oleh Allah sebagai penenang untuk Rasul-Nya, Sayyidina Muhammad SAW.

Sebenarnya, kalimat la tahzan innallaha ma’ana bukan hanya sekedar kalimat biasa saja. Tetapi kalimat ini merupaka petikan ayat dalam Al-Qur’an, yang ada di dalam surat At-Taubah ayat 40. Yang berbunyi :

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ 
Artinya: Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara (malaikat-malaikat) yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Sudah sangat jelas, berdasarkan Firman Allah SWT diatas dapat disimpulkan bahwa kalimat “La Tahzan Inallaha Ma’ana” merupakan kalimat yang baik, karena berasal dari ayat Al-Qur’an.

Makna La Tahzan Innallaha Ma’ana

La tahzan innallaha ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) mengandung makna jangan bersedih, karena kasih sayang Allah itu Maha luas. Allah tak akan menguji hamba-Nya kecuali Dia ingin melihat hambanya mengadu, memohon dan kembali mengingat-Nya.

ingatlah bahwa Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya. Allah tidak akan menguji seorang hamba Allah tidak akan menguji kita, kecuali Dia tahu bahwa hamba tersebut mampu melewati ujian yang di berikan oleh-Nya.

Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersedih dikarenakan orang-orang kafir memfitnahnya. Mereka mengatakan bahawa Rasulullah SAW adalah tukang sihir, pendusta, dukun, bahkan orang gila. Tetapi beliau berpegang teguh dengan firman Allah yang terdapat di dalam Al-Qur’an surat At-Taubah : La Tahzan Innallaha Ma’ana.

Saat hati kita terasa sakit, karena masalah yang datang dalam kehidupan kita, maka disitulah kesabaran kita benar-benar diuji. Ujian yang datang dari Allah tersebut tidak lain sebagi bukti cinta-Nya kepada kita hamba-Nya. Ujian tersebut juga bisa jadi sebagai salah satu cara untuk Allah menaikkan derajat kita.

Allah juga menguji seorang hamba, supaya hamba tersebut semakin kuat menjalani tangga kehidupan selanjutnya. Ujian tersebut juga meripakan cara Allah untuk menggugurkan dosa-dosa kita. Semua itu adalah bukti betapa luasnya betapa besarnya kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

Contoh Penggunaan La Tahzan Innallaha Ma’ana

Setelah kita tahu akan makna kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana. Selanjutnya adalah contoh penggunaan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana dalam beberapa situasi.

  • Pada saat kita sedang merasa putus asa, mungkin saja karena usaha yang sudah dilakukan belum juga membuahkan hasil, maka janganlah bersedih, ucapkan la tahzan innallaha ma’ana.
  • Ketika hati ini merasa sedih, disebabkan kepergian seseorang yang kita cintai, bahkan kesedihan itu amat sangat mendalam. Maka supaya tidak berlarut-larut dalam kesedihan, ucapkanlah la tahzan innallaha ma’ana.
  • Di saat kita disakiti oleh seseorang, bisa jadi kita difitnah, dicaci, dihina dan di bully. Wajar saja jika hati ini merasa sedih, saat sedang bersedih ucapkanlah la tahzan innallaha ma’ana.

Demikianlah pembahasan dari RuangIlmu.co.id tentang “Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika kalian ingin mengetahui materi lainnya yang berkaitan dengan agama, mari kunjungi artikel berikut ini.

Artikel Lainnya :